CONTOH STATEGI PEMBELAJARAN

Posted: Senin, 09 Januari 2012 by zainina in
0

STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD
(MEMBACA KERAS)
PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEMESTER II

DISUSUN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS
MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR


DISUSUN OLEH
ZAININA AINUN
40210166


PROGRAM STUDI PGSD 1
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP ISLAM BUMIAYU
READING ALOUD (MEMBACA KERAS)

Mata pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/semester                   : V/II
Kompetensi dasar               : Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
A.     Latar Belakang
            Strategi ini adalah sebuah daftar yang memfokuskan perhatian peserta didik tentang butir-butir penting yang dipelajari dan disimak melalui membaca dan menilai tingkat kepandaian peserta didik serta menggambarkan butir-butir penting yang dipelajari.
.
B.     Deskripsi
            Strategi ini dapat membantu peserta didik dalam berkonsentrasi, mengajukan pertanyaan, dan menggugah diskusi.

C.     Tujuan
1.      Peserta didik dapat meningkatkan kecakapan membaca dalam menyimak
2.      Mengembangkan kemampuan berkonsentrasi
3.      Mempelajari fakta-fakta ilmu pengetahuan
4.      Mempelajari konsep-konsep dan teori-teori
5.      Meningkatkan kecakapan menghafal dan memberikan ilustrasi contoh dari bacaan

D.     Langkah-langkah
1.      Peserta didik memilih teks yang cukup menarik untuk dijelaskan secara keras.
2.      Beri tanda poin-poin yang menarik untuk didiskusikan
3.      Ketika bacaan sedang berlangsung, berhentilah pada beberapa tempat untuk menekankan arti penting-penting
4.      Akhiri proses dengan bertanya kepada peserta didik untuk didiskusikan dan mengilustrasikan gambaran suatu

E.      Materi
v     Sifat-Sifat Cahaya
Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat cahaya banyak manfaatnya bagi kehidupan.

  1. Cahaya Merambat Lurus
Saat berjalan di kegelapan, kamu memerlukan senter. Ketika senter kamu nyalakan, bagaimana arah rambatan cahaya yang keluar dari senter tersebut? Cahaya dari lampu senter arah rambatannya menurut garis lurus. Benarkah cahaya merambat lurus?
  1. Cahaya Dapat Dipantulkan
Pemantulan cahaya ada dua jenis yaitu pemantulan baur (pemantulan difus) dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi apabila cahaya mengenai permukaan yang kasar atau tidak rata. Pada pemantulan ini, sinar pantul arahnya tidak beraturan. Sementara itu, pemantulan teratur terjadi jika cahaya mengenai permukaan yang rata, licin, dan mengilap. Permukaan yang mempunyai sifat seperti ini misalnya cermin.
Pada pemantulan ini sinar pantul memiliki arah yang teratur. Bayangan anak di awal bab ini terjadi karena pemantulan teratur. Cermin merupakan salah satu benda yang memantulkan cahaya. Berdasarkan bentuk permukaannya ada cermin datar dan cermin lengkung. Cermin lengkung ada dua macam, yaitu cermin cembung dan cermin cekung.
  1. Cahaya Dapat Dibiaskan
Apabila cahaya merambat melalui dua zat yang kerapatannya berbeda, cahaya tersebut akan dibelokkan. Peristiwa pembelokan arah rambatan cahaya setelah melewati medium rambatan yang berbeda disebut pembiasan




  1. Cahaya Dapat Diuraikan
Pelangi terjadi karena peristiwa penguraian cahaya (dispersi). Dispersi merupakan penguraian cahaya putih menjadi berbagai cahaya berwarna. Cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih. Namun, sebenarnya cahaya matahari tersusun atas banyak cahaya berwarna. Cahaya matahari diuraikan oleh titik-titik air di awan sehingga terbentuk warna-warna pelangi

F.      Simpulan dan saran
·        Simpulan
Menggunakan strategi membaca keras ini bisa dikatakan mudah dan dapat dipahami untuk membayangkan contoh ilustrasi dari teori yang dijelaskan dan berkonsentrasi serta menggugah diskusi.
·        Saran
Stategi ini cocok untuk memulai pembelajaran sehingga peserta didik akan terfokus perhatiannya kepada istilah, konsep yang akan dikembangkan.

0 komentar: